Minggu, 03 Februari 2013

Font Aksara Lampung untuk Penulisan di Komputer

Transliterasi : Had Lampung

Ketertarikan saya pada Had Lampung (aksara Lampung) membuat saya mencoba untuk membuatnya supaya dapat diketik dengan di komputer. mencoba  untuk membuatnya secara langsung, akhirnya didapatkan hasil yang menurut saya cukup lumayan.  Font Aksara Lampung ini mempermudah kita untuk mengetik aksara lampung di komputer. Selama ini cukup sulit untuk mengetik aksara ini di komputer, karena bisa dikatakan hanya beberapa orang yang tertarik untuk mengembangkan aksara ini.

Memang sebelumnya sudah ada yang membuat font aksara lampung ini (KaGaNga font). Namun saya merasa kurang puas. Antara lain, karena Induk huruf yang terlalu besar sehinggga terasa terlalu makan banya ruang. Selain itu anak huruf yang terlalu kecil sehingga, ketika font diatur pada ukuran 10, 11, dan 12 , anak hurufnya tidak terlihat (tidak bisa dibaca). Oleh karena itu, saya mencoba membuatnya sendiri agar sesuai dengan keinginan saya.  Alhamdulillah, saya bisa membuat 3 style font. Mudah-mudahan nantinya, makin banyak orang yang mengkreasikan style dari font-font aksara lampung ini.

Styles Aksara Lampung yang saya buat


Setelah di Instal, Font ini bisa digunakan untuk mengetik di Word, Excel, Photoshop,  Corel draw, Adobe Pagemaker, Scribus, dll.

Agar pengguna yang sebelumnya sudah terbiasa menggunakan font KaGaNga.ttf tidak kebingungan, maka saya putuskan bahwa peletakan font pada keyboard tidak banyak berubah. Hanya anak huruf NG yang sebelumnya berada pada tombol @ saya ganti menjadi tombol X. Hal ini dikarenakan, pada suatu ketika  saya mengetik, fasilitas Auto correct pada microsoft word menganggapnya sebagai alamat e-mail sehingga agak mengganggu pada proses pengetikan. Selain itu, tanda tanya dan tanda seru, kembali saya ganti menjadi (?) dan (!) bukan dalam Had Lampung lagi. Hal ini karena ketika saya menulis dialog komik yang menggunakan kata seru dalam had lampung  (contoh: tidak!!!), rasanya seperti “gregetnya” tiba tiba hilang. Begitu pula ketika menulis kalimat tanya.

Selebihnya untuk mencegah huruf tiba-tiba hilang karena Automatic Capitalization, huruf UPPERCASE yang sebelumnya pada KaGaNga.ttf dibiarkan kosong, kini saya isi dengan aksara yang sama dengan lower case. Contoh: (P=pa) dan (p=pa), (K=ka) dan (k=ka). Selanjutnya untuk huruf yang tidak ada pada aksara lampung, saya isi dengan huruf padanannya sesuai yang sudah disepakati oleh para tokoh adat lampung. Contoh, (F=pa), (Q=ka), (V=wa), (Z=ja).

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel berikut:

Kelabai sukhat (Induk Huruf)



Anak Sukhat (anak huruf) dan tanda baca



Untuk Font Had Lampung bisa di download pada link berikut


Semoga kita semua bisa melestarikan aksara kita sendiri,. Harapan saya adalah, agar Aksara Lampung ini bisa terdaftar di Unicode. Sehingga bisa di pakai oleh komputer di seluruh dunia. Dengan unicode, maka kita bisa menulis di Blog, artikel, di web dengan aksara ini. Bahkan bisa update status di Twitter dan Facebook dengan aksara Lampung. Mudah-mudahan saat ini ada orang-orang yang peduli yang sedang memperjuangkan pendaftaran aksara lampung ke Unicode. Saat ini baru beberapa aksara nusantara yang sudah terdaftar di Unicode, antara lain, aksara Rejang, aksara Jawa, dan aksara Bugis.

Kritik dan kerjasama membangun sangat saya harapkan dari rekan-rekan semua.







6 komentar:

  1. Khada susah kik nulis hurup 1.E=emas 2. U=Upaya 3. O=Oman 4. I=Indai. Ulih had lampung khus iueo mak ngedok di hurup kelabai sukhat, watne di anak sukhat. Wat solusi kodo puakhi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amon haga nulis emas = aemas/
      upaya = aupaya

      Nutuk kelabai surat "a". Ampai dijuk anak surat e u o i

      Hapus
  2. saya masih blum bisa menggunakan nya di komputer mohon bantuan nya

    BalasHapus
  3. link filenya gak berlaku. tolong dibenerin dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.suara21.com/2016/10/download-font-huruf-aksara-lampung.html

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar jika dirasa perlu

Adi Yuza