Selasa, 10 Januari 2012

Bahasa gaul Lampung

Lampung merupakan daerah yang multi etnis. Orang lampung asli hanya sekitar 20 % dari total jumlah penduduk. Bahasa yang digunakan pun beragam. Sehari-hari, sebagian besar penduduk Lampung menggunakan bahasa Indonesia. Sisanya, di tempat umum, kita akan lebih sering mendengar orang bercakap-cakap dengan bahasa Jawa, Sunda, Padang, dll. Sangat Jarang kita mendengar orang berbicara dengan bahasa Lampung di tempat umum (miris).

Selain bahasa-bahasa di atas, Lampung juga mengenal bahasa gaul. Bahasa gaul Lampung ini, banyak digunakan oleh anak-anak muda di Lampung. Memang secara sepintas, bahasa gaul di Lampung memang mirip dengan bahasa gaul Jakarta. Mungkin karena letak geografis Lampung yang cukup dekat dengan Jakarta. Tapi, kalau diperhatikan, banyak yang beda lho.. Memang kalau masih berada di Lampung, anak Lampung gak menyadarinya. Tapi begitu sudah ke Jakarta atau ke tempat lain yang bahasa gaulnya mirip-mirip, maka akan kelihatan bedanya.

Bahasa gaul Lampung adalah bahasa campuran dari banyak bahasa. ada yang diambil dari bahasa Lampung, seperti unjal, gupek, tegambuy. Ada yang tak jelas dari mana asalnya seperti Kitorang, kamu orang (mungkin sisa peninggalan zaman Belanda).

Tapi bagaimanapun juga, bahasa gaul adalah keunikan/ciri khas daerah tertentu. Berikut ini saya merangkum beberapa kata-kata gaul yang sering digunakan oleh anak Lampung.

Kalau belum komplit, silahkan tambah sendiri.

Unjal : Mengantar bergiliran.

Contoh: Ya udah, diunjal aja pake motor.

==

Kita orang (baca: kitorang) : kami atau kita.

Contoh : Kitorang mau maen ke Moka.

==

Kami orang : Kami

Contoh : Kami orang gak ngikut ke sana.

==
Kamu orang : Kalian

Contoh: Kamu orang ikut ke Kiluan gak?

==

Lo orang (Baca: Lorang) : Kalian

Contoh: lorang besok ngikut ke Mutun, gak?

==

Diorang: Mereka

Contoh: Diorang pegi kemana?

==

Orang: kata tambahan. Semacam “wong” di Jawa atau Palembang

Contoh: Orang kitorang aja gak kemana-mana kemaren.

==
Ngotak : belagu

Contoh: Gak usah ngotak deh jadi anak.

==
Basing : terserah

Contoh: Basing Lah ya, saya mah ngikut aja.

==
Ligat : cepetan

Contoh: Ligat dunk kalo bales sms.

==
Tegambuy : gak jelas, permisalan: kaya kalo lagi di tengah laut sendirian terombang-ambing

Contoh: gara-gara lu gak jadi dateng, gw jadi tegambuy kayak orang gila di sana.

==
Susuk : uang kembalian

Contoh: Ish, susuknya kok dolar sih!!

==

dolar : Uang Koin

==

Ish: Idih, ih,

==
MJ : singkatan dari Mak Jelas, artinya gak jelas.

Contoh: Dasar, MJ!!

==
Mènèl : centil

Contoh: jadi cewe kok menel bgt.

==

Tudaw : Centil yg lebih parah

==
Palèng : pusing

Contoh: Paleng pala gw di buatnya.

==
kongèk ;Ngongèk : ngata-ngatain di depan orangnya, biasanya untuk lucu2an.

Contoh: gw dikongek abis-abisan ma diorang.

==

Lantak : Gasak/sikat habis

Contoh : Duren belum mateng itu pun dilantak sama dia

==

Gèh: kata tambahan / dong.

Contoh: Gak usah gitu geh, kalo gak suka ngomong aja.

==

Dunk : kata tambahan /dong

==

Mah: Kata tambahan / sih

Contoh : saya mah gak ikut-ikutan.

==

Dong: mengerti / paham

Contoh : Sumpah, gw gak dong sama sekali.

==

Ngeh : Mengerti / Paham

Contoh : Gw gak ngeh sama sekali.

==

Gupek : rusuh, heboh dalam melakukan sesuatu

Contoh : Gupek banget sih jadi orang.

==

Laju: Terus

Contoh : Kalo udah dapet, Laju gak inget kita lagi

==

Laju / lajuan: Lanjutan

Contoh : trus gimana laju cerita itu.

==

Api wah : apaan sih? -biasanya dipake berdiri sendiri tanpa ada kata lain-.

==

Mèngkol : Belok

Contoh : Mengkol kiri, Bang!

==

Sepelibasan : berpapasan di jalan tapi gak sadar atau gak bisa saling bertemu.

Contoh : gw tadi sepelibasan sama si x di jalan

==

Pedom pay : tidur dulu -biasanya dipake berdiri sendiri tanpa ada kata lain-.

==

ngepèk (baca: ngepè’) : nyontek

==

Kepè’an : contekan

==

Mantang : Ketela/ubi

==

Caw : Pergi

Contoh : Kita caw sekarang aja, yuk!

==

Kèmèk : Makan

==

Boi : Kata sapaan.

Contoh : Kemek yuk Boi, gw udah laper nih.

==

Bokèr : Buang air besar

Contoh: Lagi asik-asik kemek, malah pengen bokèr

==

Jaman hong : Zaman dulu

==

Cuy : Kata sapaan

Contoh : eh, Cuy, pinjem catetan lo sih.

==

Gerepèk-Gerepèk : diraba-raba/diremas

Contoh: cowok itu di gerepek-gerepek sama dosennya.

==

5 komentar:

  1. aih lawang nikeu

    BalasHapus
  2. wakaka cari bahasa gaul malah keluar ini. tapi bner juga. hahaha

    BalasHapus
  3. Orang lampung kece2 bhsa nya Gaul nya lucu. Gua orang lampung tpi yang di pake bhasa lampung asli bkan gaulnya. Salam dari lampung barat

    BalasHapus
  4. :"contoh cowok itu di gerepek-gerepek sama dosennya."
    Curhat nih ceritanya😂😂😂😂
    Di grepein mana aja kyay??

    BalasHapus
  5. :"contoh cowok itu di gerepek-gerepek sama dosennya."
    Curhat nih ceritanya😂😂😂😂
    Di grepein mana aja kyay??

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar jika dirasa perlu

Adi Yuza