Kamis, 25 November 2010

Mahasiswa lain dulu lain sekarang (Nasehat Mbak)

Iya, lain dulu lain juga sekarang.

Masa-masa baru jadi mahasiswa baru. Amaat sangat baru, clingak-clinguk, gupek, bingung, orang kata masih masa peralihan dari SMA.

Masuk semester-semester awal, masih semangat dengan kuliah. Ya, itu buat yang semangat. Datang tepat waktu, plus kagak kepikiran buat bolos kuliah dengan istilah ambil jatah.

Awal-awal kuliah masih semangat-semangatnya, masih takut-takut dengan dosen pengajarnya. Kemana-mana masih rame-rame, sudah seperti bebek yang berbaris, bergerombol. Yaaa masih bawaan habis makrab, ospek de el el. Jadi setia kawan katanya.

Menginjak pertengahan tahun di kampus. Mulai nganeh, yang ketemu cara nyontek yang jitu, ya dia pakai cara itu. Ada yg mulai berani 'ngepEk', ada yg lirik sama kawan disebelahnya, atau selipkan kertas di lengan bajunya. Atau, cara ekstrim letakkan buku di atas meja.

Yaaa mantap, IPK memang tinggi tapi setelah lulus, jadi gigit jari, melongok bingung mau cari kerja, tapi gak tau mau ke mana, karena keahlian dia kagak punya, hehehehe.

Menjelang tengah tahun kuliah, mulai senang kalau dosen gak masuk, apa lagi kalau ternyata mau ujian. Tambah girang pas ada kabar, si bapak atau ibu dosen gak bisa masuk.

Bahkan, pas jamannya saya, ada yg berharap 'semoga bapaknya sakit', oooh sungguh teganya.

Mendekati akhir masa di kampus, ckckckck yg nilai bermasalah, mulai cari-cari dosen MK (Mata Kuliah) nya. Yang tadinya rajin, jadi mulai rajin kuliah.

Menjelang akhir masa mukim di kampus, mendekati tugas akhir, naaa, mahasiswa mulai mencari dosen-dosennya. Para dosen serta merta berubah menjadi seleb, dicari kemana-mana. Ditunggu dari pagi hingga petang menjelang.

Yang kagak pernah ketemu dosen PA, mulai rajin menyambanginya. Hahahaha, akibat gak dekat dengan dosen, akibat dulu kurang peduli dg dosen, akibat dulu senang begitu dosen gak ada. Dan akibat dulunya begitu senang kalau kuliah atau ujian dibatalkan. Mahasiswa jadi kelimpungan, karena jadi kagak tau karakter dosennya, jadi kagak tau juga kapan waktu yang tepat buat konsultasi untuk tugas akhirnya.

Jadilah itu mahasiswa/i merasa dilempar sana-sini, gigit jari karena pak n ibu dosen jarang di jurusan, jarang di fakultas. Eee dia baru tau kalau pembimbingnya, dosennya orang sibuk, orang penting.

Waktu berlalu, tugas akhir selesai, si mahasiswa sedikit merasa beban satu terlepas, tapi beban lain menunggu, 'terjun ke masyarakat untuk mencari kerja'.

Wkwkwkwk, masih belum sadar juga poinnya. Dulu mahasiswa rasa jenuh kuliah, sampai bolos gak keruan, sampai terlontar omongan 'jenuh'. Tapi, begitu dia lulus, diwisuda. Yaaa baru nyaho, kangen sama dosen-dosennya, sama temen-temennya, sama kampusnya. Tapi, mau ke kampus, isin belum kerja katanya, mau ke kampus bingung karena tmn2nya sudah pada lulus semua.

Hhhhaaahh, ya buat yang masih kuliah dinikmati apa yg masih bisa dinikmati saat ini. Semua ada masanya n suatu hari nanti kalian sedikit banyak akan merasakan apa yg saya tuliskan di note saya kali ini.


Sumber : Catatan FB Mbak Septa (Sefta Marisa Dwipasari Junaidin) dengan diedit seperlunya

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika dirasa perlu

Adi Yuza