Jumat, 27 Agustus 2010

Salah satu pencegahan pembobolan akun facebook kita

Adiyuza; Belakangan ini, saya sering mendengar seseorang mengaku bahwa akun facebooknya dibobol seseorang. Entah apa motifnya, kita patut was-was jika suatu saat hal itu terjadi pada kita. Kebanyakan kitalah yang paling sering dirugikan, baik secara moril maupun materil.

Banyak sekali cara orang untuk membobol akun kita, salah satunya adalah dengan mengubah password kita. Saya tidak tahu bagaimana cara mereka. Tapi yang jelas, bila kita jeli, kita bisa mengantisipasinya. Salah satu cara mengantisipasinya akan saya bagikan disini.

Untuk bisa masuk akun facebook kita, maka tentulah mereka perlu tahu password. Mereka memang tidak tahu password kita. Oleh karena itu, yang bisa mereka lakukan adalah dengan mengganti password kita melalui jalur lain.

Ketika mereka berusaha mengubah password kita melalui jalur yang tidak resmi (tidak melalui pengaturan akun), maka kita akan mendapatkan email dari tim facebook bahwa ada permintaan untuk mengubah password berikut link yang harus diklik. Nah, disinilah kita perlu jeli. Jika kita merasa tidak pernah meminta untuk mengubah password, maka jangan sesekali mengklik link tersebut. Karena ada kemungkinan setelah kita mengklik link tersebut, orang yang berniat mengacak-acak akun kita bisa langsung tahu password kita. Untuk selanjutnya adalah mengabaikan email tersebut. Karena e-mail tersebut akan dikirim berkali-kali

Saya tidak tahu apa yang mesti dilakukan terhadap akun facebook selanjutnya. Apakah harus ganti password baru atau tidak. Karena email dari tim facebook itu sendiri mengatakan bahwa akun facebook kita akan tetap aman selama kita tidak mengklik link apapun yang diberikan. Saya khawatir, tujuan dari mereka mengirim email tersebut adalah supaya kita mengganti password hingga akhirnya mereka tahu password kita yang baru. Atau malah bisa jadi, langkah selanjutnya adalah mengganti password kita yang lama. Karena ada kemungkinan Password kita yang lama telah diketahui oleh orang itu.

Untuk masalah ini, saya memutuskan untuk percaya dengan apa yang tertera pada email pemberitahuan dari tim facebook bahwa akun kita akan tetap aman selama kita tidak mengklik link-link yang ada di email pemberitahuan tersebut.

Semoga info ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika dirasa perlu

Adi Yuza