Rabu, 18 Juni 2008

Gunung di BandarLampung

Gunung di Bandarlampung
oh ya.. kalian tau gak.. batu yang menjulang tinggi ini...
batu ini adalah batu gunung kunyit yang terletak di sukaraja BandarLampung..
bagus yach...
ups jangan senang dulu. memang sih bagus, tapi tahukah kalian kalau gunung ini adalah salah satu contoh betapa hebatnya manusia dalam mengubah alam..
kurangnya regulasi pemda Lampung khususnya Pemkot Bandarlampung dalam penataan lingkungan, membuat banyak gunung yang mendominasi kota ini bernasib menyedihkan. padahal kalau ditilik lebih mendalam, gunung gunung yang ada selama ini merupakan aset yang tak ternilai harganya. asal tau saja ya, kota di Indonesia yang topografinya seperti ini hanya tiga kota, yakni BandarLampung, Ambon, dan Sorong.
yah.. tapi apa hendak dikata.. memang bisa dibilang pemerintah kita "telmi" dalam hal ini. bisa dibayangkan betapa banyak bahaya yang mengintai penduduk yang ada di bawahnya.
terus gimana donk..?
memang sih, tidak mungkin untuk memperbaiki gunung2 ini seperti sedia kala. kalau pun mungkin tentunya biaya yang dikeluarkan gak bisa dihitung pake kalkulator warung.
tapi saya memiliki beberapa saran guna kebaikan masa depan gunung2 ini kedepan..
yang pertama, segera hentikan penggalian gunung yang sedang berlangsung saat ini. karena kalau dibiarkan terus sama saja bohong dunks..
trus yang kedua, menjadikan tempat tempat yang rusak tersebut menjadi tempat tujuan wisata.. -bisakah? jangan gila dong!- bisa kok,, buktinya photo diatas, bagus kan... foto itu di ambil pada saat kami mengadakan praktikum geofisika. atau wisata yang di tujukkan kepada siswa2 sekolah atau masyarakat umum. untuk memberikan contoh kerusakan alam oleh manusia, dan itu tak boleh di tiru. ya.. itung2 untuk memberikan kesadaran lingkungan sejak dini.
dan yang terakhir... yang "harus",, yaitu, pemda menghibahkan tempat2 tersebut kepada unila untuk dijadikan laboratorium alam geofisika unila. kan sayang, di Lampung ada potensi sumber daya manusia yang sedang berusaha tumbuh dan berkembang tapi sama halnya gunung2 itu.. di biarkan.
yah.. semoga saran saya bisa didengar orang yang punya wewenang untuk itu..
saya hanya ingin Lampung bisa lebih baik lagi.. dan lebih "LIGAT" dalam memperhatikan potensi yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar jika dirasa perlu

Adi Yuza